Monday, April 2, 2012

pengolahan fatty acid

proses adalah suatu pengolahan bahan baku dasar untuk menjadi bahan baku yang siap pakai atau pun setengah jadi atau sebuah prodik yang dinginkan
disini saya membahas pengolahan material minyak cpo menjadi fatty acid,produk fatty acid yang sekarang ini sudah mulai tenar  dan lebih besar keuntungan nya yang diperoleh.
belakangan ini banyak sekali penanam modal ber ali menginvestasikan modalnya ke bidang oleo chemical,
untuk mendapatkan produk fatty acid biasanya menggunakan bahan dasar cpo , pko ,dan seterin acid
       Pengolahan faty acid  melalui beberapa langkah
1.Tangki timbun
tempat penyimpanan sementara material minyak yang belum diolah.Dari tangki timbun material di pompakan ke proses pembersihan,minyak material yang akan  harus dibersikan dari dari kotoran atau gamming.

2.Degamming
melalu proses degamming minyak dipisakan dari kotoran -kotoran atau gam-gam mengginakan alat yang bernama separator,sparator akan mengendapkan lumpur-lumpur dan kotoran lain nya yang berada diminyak dengan cara berputar menggunakan gaya sentripugal,setelah minyak dibersihkan dimasukan ke tangki penyimpanan sementara.

3.Spliting
setelah minyak bersih mulailah pemoalgan minyak, minyak dipompakan dengan bertekanan sampai mencapai  25 samapi 58 masuk kespliting.
spliting suatu alat berbentuk tabung kapsul tinggi berkisar 30 sampai 58 meter dan dalamnya ada sekat-sekat kulum dan saringan.
dengan dipompakan minyak dari bawah dan air dari atas dan dengan pemanasan mencapi 250 derajat celsius minyak akan berpisah dengan air.
dan berfungsi untuk memisahkan minyak dengan air.Minyak menjadi minyak murni dan air menjadi air manis {sweet water }

4.proses hidrogenasi
proses ini mengikat ikatan rangkap secara kimiawi,setelah minyak mengalami proses dari spliting maka minyak akan mengalami proses hidrogenasi.
material masuk ke RC atau aqitator lalu divacum ,masukan katalis lalu divacum ,injek N2 lalu vakum lagi lalu injek H2 dengan pressure mencapai 3 bar ,start RC lalu masukan steam memanaskan material dengan tempratur dari 90 `c sampai 150 `c lalu injek H2 lagi dari bawah dengan pressure  20 bar hingga waktu mencapai 1 sampai 1,5 jam maka akan terjadi reaksi mengikat ikatan rangkap.
lalu kita persiapkan RC cooling ,vacum dahulu vesel cooling setelah vesel cooling ready trasfer material dari RC  ke vesel cooling  dengan proses gravitasi  atau perbedaan tekanan .
sehingga pressure cooling  menjadi 1,6 bar  ,buka  GO venting  menyamakan dengan tekanan luar vesel yaitu atmosfir { ATM } ini masih proses trasfer sampai isi dalam RC benar-benar habis dan pressue tinggal 2 bar  dan sisa pressure yang tinggal 2 bar yang di dalam RC di venting keluar.

5.Pengolahan distilasi
distilasi mengolah untuk mencari IP dan color ,disini agak sulit dalam prosesnya untuk mendapatkan fatty acid dengan spec yang kita inginkan harus lihai dalam mengatur vacum  dan tempratur,

No comments:

Post a Comment