Friday, April 13, 2012

Minyak goreng dari Kelapa Sawit.

minyak kelapa sawit 
Minyak kelapa 
sawit diperoleh dari  pengolahan buah kelapa sawit (Elaeis guinensis JACQ}. Secara garis besar buah  kelapa sawit terdiri dari serabut buah (pericarp) dan inti (kernel). Serabut buah kelapa sawit terdiri dari tiga lapis yaitu lapisan luar atau kulit buah yang disebut pericarp, lapisan sebelah dalam disebut mesocarp atau pulp dan lapisan paling dalam disebut endocarp. Inti kelapa sawit terdiri dari lapisan kulit biji (testa), endosperm dan embrio. Mesocarp mengandung kadar minyak rata-rata sebanyak 56%, inti (kernel) mengandung  minyak sebesar 44%, dan endocarp tidak mengandung minyak.
Minyak kelapa sawit seperti umumnya minyak nabati lainnya adalah merupakan senyawa yang tidak larut dalam air,  sedangkan komponen penyusunnya yang utama adalah trigliserida dan nontrigliserida

Trigliserida Pada Minyak Kelapa Sawit.
Bila R, = RZ = R3 atau ketiga asam  lemak penyusunnya Sama maka trigliserida ini disebut trigliserida sederhana, dan apabila salah satu atau lebih asam lemak penyusunnya tidak sama maka disebut trigliserida campuran.
Asam lemak merupakan rantai hidrokarbon; yang setiap atom karbonnya mengikat satu atau dua atom hidrogen ; kecuali atom karbon terminal mengikat tiga atom hidrogen, sedangkan atom karbon terminal lainnya mengikat gugus karboksil. Asam lemak yang pada rantai hidrokarbonnya terdapat ikatan rangkap disebut asam lemak tidak jenuh, dan apabila tidak terdapat ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya karbonnya disebut dengan asam lemak jenuh.
gliserida, niakin tinggi titik beku atau titik cair minyak tersebut . Sehingga pada suhu kamar biasanya berada pada fase padat.  Sebaliknya semakin tidak jenuh asam lemak dalam molekul trigliserida maka makin rendah  titik helm atau titik.cair minyak tersebut sehingga pada suhu kamar berada pada fase cair. Minyak kelapa Sawit adalah lemak semi padat yang mempunyai komposisi yang tetap.


sumber : kelapa sawit   blog

No comments:

Post a Comment